Kopi tubruk di Fuelpump APV ku…

Sekitar bulan Mei-Juli 2010, ramai diberitakan banyaknya fuelpump mobil-mobil di Jakarta & sekitarnya yang mengalami kerusakan.
Bagi yang awam dengan istilah fuelpump (FP), berikut adalah sedikit penjelasannya. Mahluk bernama FP ini, dikenal juga sebagai pompa bahan bakar di dalam kendaraan. Tugasnya memompa bahan bakar dari tanki BBM ke mesin.
Naaah… kalau FP ini mati, berarti, bbm tidak terpompa ke mesin. Akibatnya? Jelas dong… mesin pun tidak bisa hidup.
Infonya, yang banyak kena kasus adalah yang berbahan bakar premium ( www.detik.com ).
Berbekal informasi tersebut, terbuka ingatan, bahwa suzuki APV Arena yang ada di garasi, sangat sering mengkonsumsi BBM premium tersebut. Mobil ini telah mencapai jarak tempuh 34rb km, mayoritas BBM menggunakan premium.

Akhirnya diputuskan untuk menguras tangki bensin dan membersihkan FP beserta filternya. Pengerjaan kuras tangki ini dilakukan di bengkel resmi langganan, di daerah Tajur, Bogor.

Pekerjaan dimulai dengan mengeluarkan BBM dari tangki, dipindah ke wadah lain (jerigen).
Setelah tangki dirasa cukup kosong, tangki tersebut diturunkan dengan melepas beberapa baut pengikat, selang-selang, dan kabel-kabel yang terhubung; kemudian tangki diletakkan di lantai utk dilepas FP nya.

Setelah FP dilepas, iseng-iseng melongok ke dalam tangki BBM, ternyata tidak ditemukan lumpur ataupun endapan yang berarti.

Pengamatan beralih ke FP. Sebelum dibersihkan, FP yang tersusun dari beberapa bagian body ini “dipreteli” sehingga terurai, termasuk filter “teh celup” dan motornya.

Pada FP ini, terdapat dua area yang rawan mampet alias tempat endapan kotoran bersarang, di filter yang berbentuk seperti teh celup, dan di strainer pada body FP.

Gambar di atas adalah filter “teh celup” pada mobil APV yang dibongkar, di dalamnya terdapat endapan hitam. Endapan ini bisa membuat filter ini mampet.

Dari manakah sumbernya? Tak tahulah… yang jelas kotoran ini harus dibersihkan.

Dari filter “teh celup” ini, pembersihan beralih ke saringan yang ada di body FP (strainer). Proses yang dilakukan adalah dengan mengetuk-ketuk pelan body FP ini, kemudian disemprot dengan bahan pembersih, sehingga kotoran terbilas keluar. Proses ini diulang berkali-kali sampai semua kotoran terbuang. Daaannnn….. inilah hasil pengurasan kotoran tersebut……

Kotoran berwarna hitam bercampur bahan pembersih dan bensin yang digunakan untuk membilas, mengalir keluar, seperti kopi tubruk.

Hmmm… ternyata, endapan di tangki sedikit, tapi endapan di FP sangat pekat…

Pembilasan ini dilakukan berulang kali sampai hasil pembilasannya jernih, pertanda kotoran sudah terangkat semua.

Pembersihan juga dilakukan di body FP beserta saluran di dalamnya.

Setelah pembersihan selesai, FP dirakit kembali dan dipasang pada tempatnya. Pemasangan ini harus dilakukan dengan cermat agar tidak terjadi kebocoran pada tangki. Setelah FP terpasang dengan baik, tangki BBM dipasang kembali pada posisinya.

Dan proses pembersihan pun selesai….

Hal yang perlu diingat adalah memastikan bahwa pelampung pada FP juga berfungsi.

Caranya:

  • saat tangki bensin sudah terpasang, semua selang & kabel telah terpasang tetapi BBM belum dituang ke tangki, putar kunci kontak ke posisi ACC, jarum penunjuk BBM di dashboard seharusnya pada posisi E (Empty/kosong)
  • setelah BBM dituang ke tangki, jarum penunjuk bergerak naik, sesuai jumlah BBM yg dituang.

Proses pengerjaan kuras tangki BBM ini memakan waktu sekitar 2 jam (untuk mobil APV ini). Ongkos jasa pembersihan pada pengerjaan ini adalah Rp. 110ribu, di luar bahan pembersih. Kondisi yang berbeda mungkin terjadi jika proses penurunan tangki BBM lebih rumit, pada waktu berbeda, dan/atau lokasi bengkel yang berbeda.

Pertanyaan yang timbul: misalkan FP ini tidak dibersihkan, apakah akan mengakibatkan FP rusak? Tak tahulah, yang jelas, menurut info bengkel ini, kalau FP rusak, harganya di atas 1 juta…..  dan yang jelas lagi, menurut salah satu staff bengkel ini, bengkel ini dalam bulan Mei-Juli 2010, menerima cukup banyak mobil yang FP nya mati.

Semoga bermanfaat…..

Catatan penting:

  • kuras tangki ini melibatkan bahan yang sangat mudah terbakar. Oleh karena itu, proses ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan jauh dari segala sesuatu yang dapat memicu timbulnya api (korek, rokok, percikan api, dll)
  • body fuelpump ini terbuat dari plastik, dengan beberapa pengait. Proses melepas pasang harus dilakukan dengan hati-hati agar plastik-plastik tersebut tidak rusak.

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

2 Responses to Kopi tubruk di Fuelpump APV ku…

  1. Kamilus Kamil mengatakan:

    Sip, cuma kalw umur fp nya udh mulai ujur pasti ada gejala seperti tarikan mobil udh aga berat, tak lama akan ada terasa ndut-ndutan bila berjalan udah agak lama. Kadang ilang tu gejala kalau kita berhenti beberapa saat. idealnya memasukin usia hampir 3 thn ni fp kudu di ganti secepatnya. kalu ngk siap2 aja kalw mobil mogok di jalanan. apa lagi pemakai mobil yg mo mudik. Di pasaran juga banyak beredar fp palsu. jadi jgn salah beli atau tergiur harga yg murah. mendeteksinya gampang kok, coba tu fp di tokonya dgn daya 12 volt. Kalaw yg bagus putarannya akan berdenging kencang dan terus hidup selagi ada arusnya. deteksi pada mobil anda juga seperti itu, saat kunci kontak di on pada lampu indikatos akan nyala semua di sertai bunyi berdenging pada tangki, kalw udh lemah nunyainya ngk kenceng lagi . Saringan(filter) bensin juga berpengaruh biasanya saya akan ganti kalau udah 2 thn. Kesimpulan saya, di samping kwalitas bensin yg katanya jelek, kwalitas fp nya jg harus di pertanyakan. kemarin saya ganti fp saya dengan merk mitzushiba seharga 400 rb, langsung jossss….. di klim penjualnya ini pompa udh pernah di ukur dan hasilnya lebih kencang dari yg ori. dan biasanya fuel pump ini bisa di pasang di mobil apa aja… cuma harus di modif dudukan atau kabelnya di solder……dia jg bilang udh pernah di pasang di mobil crv, baleno, escudo dimikan pengalaman sy sob semoga menambah wawasan kt semua tentan fp( fuel pump) pada mobil injeksi….

    • Wiku-HPA mengatakan:

      Kemarin, pas km sekitar 70ribu, saya kuras ulang fueltank dan FP nya dibersihkan.
      Hasilnya tidak sekotor saat kuras di km 30rb, tetapi endapan itu tetap ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: