Gardan kijangku kok ngompol?

foto: toyota.co.id

Toyota kijang (toki), si mobil sejuta umat, termasuk dalam golongan mobil yang handal dan tahan banting, untuk kelas mobil angkutan.

Sejarah panjang toki ini dimulai dari kijang generasi 1 (1977-1980). Kijang ini dikenal juga dengan nama Kijang Buaya, menggunakan mesin 3K, kapasitas 1200cc (sumber: website toyota)

Kijang generasi 2, muncul di tahun 1981. Pada seri awal, kijang generasi 2 ini menggunakan mesin seri 4K, 1300cc. Seiring berjalannya waktu, model ini mengalami berbagai penyempurnaan pada berbagai bagian.

Pada tahun 1985, model ini mengalami pergantian mesin, menggunakan mesin seri 5K, 1500cc.

Kijang generasi 3 muncul pada tahun 1986. Kijang ini terbagi dalam dua fase, yaitu Kijang super (1986-1992) dan kijang grand (1992-1996). Pada generasi ini, diperkenalkan pula kijang chassis panjang dan chassis pendek. Menjelang akhir masa kijang ini, tahun 1996, diluncurkan mesin seri 7K 1800cc untuk kijang generasi ini.

Kijang generasi 4 ini dikenal juga sebagai kijang kapsul. Pada generasi ini, diperkenalkan juga mesin diesel dan transmisi otomatis. Pada tahun 2000, diperkenalkan mesin bensin dengan pasokan bahan bakar injeksi. Selain itu, diluncurkan juga mesin bensin 2000cc. Kenyamanan penumpang pada kijang ini semakin diperhatikan.

Generasi berikutnya adalah generasi Kijang Innova. Pada generasi kijang innova ini, mesin bensin seri K tidak digunakan lagi. . Dari generasi ke generasi tersebut, kijang tetap mempertahankan model penggerak roda belakang, masyarakat sering menyebutnya sebagai gardan belakang. Pada kijang yang sudah berumur, sering ditemui tetesan oli di lantai yang muncul dari  gardan ini, alias ngompol.

Penyebab Gardan “Ngompol”

Apakah penyebab ngompolnya si gardan ini? Salah satu penyebabnya adalah kebocoran seal, seperti yang terjadi pada kijang 1992 ini.

rembesan oli gardan

Kebocoran ini bisa ditandai dari basah oli di titik tersebut, atau juga tetesan oli gardan di lantai jika toki ini diparkir.

Sedangkan bentuk sealnya adalah seperti ini.

sil gardan kijang

Bagian tengah dari seal inilah yang aus, sehingga oli gardan bisa meler keluar.

Proses Penggantian Seal

Kali ini, proses penggantian dilakukan di bengkel Hasta , Lenteng Agung, Jakarta.

Proses diawali dengan melepas propeller dari gardan, dan melepas joint ke arah propeller, sehingga kondisi gardan seperti gambar di bawah ini.

Posisi sil gardan

Sil gardan ini diganti dengan yang baru. Harga sil baru ini tergantung dari jenis barang yang digunakan (ori, KW1, dll). Harga sil baru kurang lebih 90ribu (ori, info dari toko di Atrium Senen, Jakarta).

Setelah sil ini diganti, gardan dirangkai sampai tersambung kembali seperti semula. Jangan lupa melakukan penambahan oli gardan dan melakukan cek terhadap kebocoran.

Berapa lama pengerjaannya?

Lama pengerjaan penggantian sil ini sekitar 1-2 jam. Biaya jasa pengerjaan, bisa ditanyakan ke masing masing bengkel yang melakukan penggantian.

Special thanks to bengkel Hasta & crew atas bantuannya….

Semoga bermanfaat.

sumber: wikipedia, website toyota

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

5 Responses to Gardan kijangku kok ngompol?

  1. indra mengatakan:

    itu mobilnya diangkat ya?
    kalau ngerjainnya gak pake diangkat, bisa gak ya?
    sil yg kw1 (jepang), hrg brp ya?
    tks

    • mazwiku mengatakan:

      Kemarin mobil memang diangkat, jadi melepas baut-baut dan propeller lebih mudah. Kalau tidak diangkat, mungkin bisa ditanyakan ke mekanik yang akan mengerjakan, bisa atau nggak.
      Tanya-tanya ke toko onderdil di Atrium Senen, Jakarta, hrg yg KW1 Jepang Rp 30rb.
      Ciri yg membedakan KW1 dng KW di bawahnya, kata tokonya, utk yg KW1 jepang, di sisi dalam karet sil, ada garis-garis cetaknya (seperti alur), yg lokal sisi dalamnya mulus tdk ada garis.
      Semoga bermanfaat.

  2. atik mengatakan:

    bos, sori nih newbie kalo misalnya dengung di belakang itu gara2 gardan atau apa yah. Misalnya kalo olinya kering bisa fatal ga akibatnya. Trims.

    • Wiku-HPA mengatakan:

      kalau ini sih… kita sama-sama newbie….
      Oli nya sudah dipastikan cukup atau tidak? Umur oli gardan sudah berapa km? Kekentalan oli apakah sudah sesuai?
      Kalau sekedar ganti oli gardan, bisa di bengkel-bengkel yg kita percayai.

      Bisa juga karena ada keausan di gardan, atau kerengganan antar gigi di gardan sudah tidak pas (katanya perlu disetel)….
      Kalau yang ini, mesti di bengkel yang bener-bener bisa bongkar gardan…

      • atik mengatakan:

        kemarin sih saya abis ganti sil gardan yang ada di ban sebelah kiri karena disitu dilihat ngompol. Tapi pas dilihat seminggu setelah pemasangan kayaknya masih ngompol, ga yakin pemasangannya nih. Abis pemasangan tersebut hampir sejaman sama tuh bengkel ga kelar-kelar. Kayaknya harus dicek lagi tuh sil. Ngerinya karet silnya kena lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: