Lumpia Basah Pak Elok, Fresh from “Wajan”


Lumpia basahLumpia banyak ditemui di banyak kota di Indonesia. Kali ini yang dibahas adalah lumpia basah produk Magelang, yaitu lumpia basah Pak Elok.

Penulis tidak tahu persis kapan lumpia basah Pak Elok ini mulai ada. Yang jelas, sekitar tahun 1988-an setiap sore penjual lumpia ini sudah mangkal di kawasan Pecinan dekat pasar Rejowinangun (depan toko Saniter). Selain itu, di pagi hari lumpia ini juga bisa dijumpai di luar pasar Tukangan (dekat RSU Tidar Magelang)

Isi lumpia ini terdiri dari irisan tahu, rebung, daun bawang, sedikit daging ayam, dan beberapa bahan isian lainnya. Jika diinginkan, variasi penambahan telur ayam pada isian lumpia juga bisa disediakan. Rasa yang ditampilkan cenderung agak manis dan beraroma bawang putih yang cukup terasa.

Lumpia ini dibuat langsung sesuai pesanan, alias “fresh from wajan”. Kulit lumpia dan bahan isian lumpia telah disiapkan dalam kondisi siap masak (sayuran sudah direbus, tahu sudah siap masak).

Uniknya, proses memasak dtetap mempertahankan penggunaan arang kayu yang diletakkan dalam anglo.

Isi lumpia dimasak menggunakan anglo

Setelah semua isian selesai dimasak, bahan isian tersebut dibungkus dalam kulit lumpia. Sebelum digunakan membungkus, kulit lumpia tersebut diolesi dengan bumbu. Dalam sekali memasak, penjual lumpia ini bisa memasak isian sampai 10 porsi.


Sesuai dengan namanya, lumpia basah, lumpia ini disajikan dalam kondisi tidak digoreng alias tetap basah. Benar-benar nikmat….

Saat terakhir penulis mampir ke lokasi penjual lumpia ini, sebuah lumpia dihargai Rp.3.000,- , sangat pas dengan ukuran dan nikmatnya rasa lumpia basah ini….

Selamat menikmati…..

Kopi radix HPA? Klik di sini…

Iklan

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: