Keluhan yang Sering Dialami Pengemudi

Vera Farah Bararah – detikHealth

 

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Kini menyetir sudah menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh masyarakat. Tapi kegiatan ini bisa menimbulkan beberapa keluhan di beberapa bagian tubuh pengemudi. Keluhan apa saja itu?

Keluhan yang muncul biasanya terjadi jika seseorang mengemudi untuk jarak jauh atau setiap hari menyetir dengan posisi yang salah sehingga menimbulkan rasa nyeri atau sakit di beberapa bagian tubuh.

Beberapa keluhan yang sering menyerang pengemudi, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (31/5/2011) yaitu:

  1. Sakit punggung dan pinggang
  2. Nyeri di leher dan bahu
  3. Cedera stres yang berulang, biasanya terjadi pada supir truk yang menyetir jarak jauh sehingga merasa nyeri di bahu, siku serta pergelangan tangan.
  4. Kram pada tungkai bawah
  5. Postur tubuh yang buruk
  6. Adanya ketegangan pada paha belakang
  7. Sirkulasi darah yang buruk di tungkai kaki

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh terlalu lama duduk dan tidak mendapatkan dukungan yang baik dari tulang belakang, postur menyetir yang salah, melakukan gerakan yang sama berulang-ulang dalam 1 menit serta adanya getaran ban yang mempengaruhi otot.

Jalan yang tidak rata atau polisi tidur bisa menyebabkan getaran dari kendaraan yang mempengaruhi tulang belakang. Jika postur tubuh sudah tidak benar, maka getaran ini bisa menyebabkan cedera.

Paparan jangka panjang dapat menyebabkan disc herniation (bantalan antara ruas tulang belakang didorong keluar posisi normal yang menyebabkan iritasi pada saraf tulang belakang).

Untuk mencegah rasa nyeri yang muncul akibat mengemudi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan termasuk menerapkan sistem ergonomis yaitu:

  1. Mulailah dengan menyesuaikan antara tempat duduk dan postur tubuh, posisi paha harus nyaman yang didukung oleh kursi serta lutut harus sedikit menekuk
  2. Jangan duduk terlalu jauh dari pedal. Jika kaki meregang saat mengemudi akan meningkatkan tekanan pada lumbar tulang belakang dan stres di leher, bahu serta pergelangan tangan.
  3. Bagian belakang kursi dimiringkan antara 100-110 derajat dari kaki untuk mengurangi tekanan tambahan di lempeng tulang belakang.
  4. Hindari membungkuk saat mengemudi dan jika menyetir untuk waktu lama atau menderita sakit punggung, gunakan penyangga lumbar tulang belakang untuk memberikan dukungan.
  5. Kaki dan panggul harus memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan mengubah posisi tanpa mengganggu kegiatan mengemudi.
  6. Jangan duduk dengan saku terisi baik oleh dompet, telepon seluler atau isi lainnya. Hal ini bisa melukai jaringan lunak, mengurangi sirkulasi dan menekan saraf yang mengarah ke punggung serta nyeri kaki.
  7. Cobalah istirahat singkat setiap perjalanan 2 jam, keluar dari mobil dan lakukan peregangan pada seluruh tubuh terutama punggung dan tangan.

(ver/up)

sumber: detikhealth

Kopi Radix – kopi dengan kandungan Tongkat Ali. Klik di sini

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: