Waspadai Tekanan Darah Turun Setelah Makan

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Setelah makan seharusnya orang merasa lebih berenergi dan semangat. Tapi pada beberapa orang, setelah makan justru bisa menyebabkan tekanan darah turun. Kenapa bisa begitu?

Tekanan darah yang turun setelah makan dikenal dengan kondisi hipotensi postprandial. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa pusing, lemas dan sesak napas atau bernapas terasa berat.

Selama proses pencernaan, maka sejumlah besar darah akan mengalir ke saluran pencernaan. Untuk membantu mempertahankan tekanan darah agar normal, maka jantung akan meningkatkan detak dan pembuluh darah tertentu jadi menyempit.

Jika kondisi tersebut tidak terjadi, maka tekanan darah akan menurun setelah makan yang memicu terjadinya hipotensi postprandial, seperti dikutip dari MayoClinic, Rabu (6/7/2011).

Beberapa orang diketahui memiliki risiko lebih tinggi mengalami hipotensi postprandial yaitu:
1. Orang yang sudah tua, hal ini karena tubuh yang sudah tua tidak mampu mengelola perubahan dalam tekanan darah dibanding saat ia masih muda, serta sulit merespons perubahan akut pada tekanan darah.
2. Orang dengan gangguan saraf seperti penyakit Parkinson
3. Orang dengan gangguan endokrin seperti diabetes
4. Gangguan pada peredaran darah seperti emboli paru, penyumbatan di arteri paru-paru
5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Gejala yang paling umum terjadi jika seseorang mengalami tekanan darah turun setelah makan yaitu pusing dan rasa seperti melayang. Tapi beberapa orang kadang bisa sampai jatuh, pingsan, nyeri di dada, mual atau adanya masalah pada penglihatan.

Harvard Medical School menuturkan bahwa tidak ada pengobatan yang definitif untuk mengatasi hipotensi postprandial, tapi membuat beberapa perubahan gaya hidup tertentu bisa membantu yaitu:
1. Mengonsumsi 300-500 ml air sebelum makan bisa mencegah tekanan darah turun
2. Memilih biji-bijian, kacang-kacangan dan protein di dalam nasi atau kentang yang lebih lama dicerna sehingga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil
3. Tetaplah duduk sekitar 30-60 menit setelah makan, karena ini adalah waktu yang dibutuhkan bagi tekanan darah untuk mencapai titik terendah setelah makan.

(ver/ir)

sumber: detikHealth

 

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: