Makanan Terbaik Untuk Para Wanita

author : K. Tatik Wardayati

makanan_terbaik_untuk_para_wanita - wiku hpa

Mau tahu makanan terbaik yang dapat membantu wanita mengurangi kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, bahkan membuat mood menjadi lebih baik?

Terdapat tujuh jenis makanan yang terbukti memiliki manfaat besar bagi wanita, baik untuk mereka yang sudah menjadi ibu atau yang masih jomblo. Kabar baiknya, semua makanan ini tersedia di supermarket lokal, jadi tidak perlu susah mencarinya ‘kan…

Nah, ini dia makanan yang dimaksud tersebut, menurut ModernMom.

Blueberry

Buah ini mengandung antioksidan dan phytoflavinoids. Selain tinggi kalium dan vitamin C. Makan ini, bisa terhindar dari risiko penyakit jantung, kanker, mencegah hilangnya memori, membantu yang bertekanan darah rendah, bahkan membantu mengurangi keriput pada kulit.

Salmon

Salmon mengandung dua tipe Omega-3, termasuk DHA, asam lemak esensial yang bagus untuk ibu hamil. Manfaat lainnya adalah meningkatkan mood, melawan depresi, dan dapat melindungi tubuh dari penyakit alzheimer serta kanker.

Cokelat hitam

Siapa bilang makan cokelat dilarang? Anda dapat tetap memakan cokelat, sepanjang yang dikonsumsi adalah cokelat hitam dan kualitasnya bagus. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang menurunkan risiko terkena stroke, tekanan darah rendah, melembabkan kulit, dan mempertajam pikiran.

Carilah cokelat dengan kadar kakaonya (biji cokelat) tinggi atau lebih dari 60%. Lebih hitam warnanya, lebih baik.

Teh

Kekuatan antioksidan dalam teh hitam sama saja pada teh hijau. Yaitu mengandung ECGC, salah satu molekul yang terkandung pada teh hijau, antioksidan kuat yang dapat mencegah penyakit jantung dan mencegah kemunduran otak (demensia), diabetes, serta stroke.

Penelitian di Spanyol dan Inggris juga menemukan bahwa ECGC dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sehingga, menyeruput teh setiap hari sangat baik bagi kesehatan Anda, para wanita. Selain itu, minuman ini juga membantu membakar kalori tubuh!

Kacang kedelai

Sebuah studi yang dilaporkan The Journal of The Americal Medical Association menunjukkan bahwa kacang kedelai mampu menurunkan kolesterol.

Dalam mengonsumsinya, kedelai dapat dibuat menjadi hidangan yang lain seperti tahu atau susu kedelai. Tapi hati-hati, bila dalam keluarga Anda ada riwayat penyakit kanker payudara, tidak dianjurkan makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai.

Avokad

Buah ini kandungan nutrisinya sangat tinggi, setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang berguna. Avokad kaya akan protein, riboflavin (salah satu dari vitamin B2), niasin (salah satu dari vitamin B3), kalium, dan vitamin C.

Kandungan lemak dalam avokad cukup tinggi. Namun, jangan khawatir karena lemaknya mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang baik untuk kesehatan. Lemak pada avokad adalah lemak tak jenuh tunggal yang memberikan dampak positif bagi tubuh. Biasanya lemak ini dipakai dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Brokoli

Ibu rumah tangga serta wanita lajang disarankan untuk selalu menyantap brokoli. Sayuran ini terbukti membantu mencegah kanker payudara dengan mempertahankan estrogen. Brokoli juga kaya akan vitamin A dan C, serat, asam folat, kalsium, zat besi dan kalium.

Wahai para wanita, segeralah pergi ke supermarket dan jangan ragu-ragu untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari ketujuh makanan bergizi tersebut.

sumber: Intisari Online

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: