Awas Terkecoh Ayam Bangkai

author : K. Tatik Wardayati

awas... terkecoh ayam bangkai

Intisari-Online.com – Banyak ibu rumah tangga yang merasa cemas dengan banyaknya ayam bangkai beredar di pasaran. Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan ayam potong. Ayam bangkai umumnya berasal dari ayam mati lemas selama pengangkutan atau mati karena sakit.

 

Proses kematian ayam potong berjalan cepat, karena segera mati setelah disembelih. Pada kematian cepat itu kandungan glikogen, cadangan energi di dalam tubuh ayam, masih cukup besar. Glikogen diperlukan untuk menghasilkan asam laktat dalam daging, sehingga memungkinkan dicapai kondisi keasaman tertentu. Pada kondisi itu, terjadilah reaksi biokimiawi untuk menghasilkan aroma, warna, dan tekstur yang baik. Kondisi ini juga sekaligus memperlambat proses pembusukan.

 

Sedangkan pada ayam bangkai, proses kematiannya berangsur-angsur, lambat dan melelahkan, sehingga menghabiskan cadangan energi. Karena ketiadaan glikogen, ayam bangkai lebih cepat membusuk dibandingkan dengan ayam segar yang dipotong.

 

Pada ayam sehat yang dipotong, sebagian besar darahnya dapat dikeluarkan dari tubuh. Sebaliknya, darah ayam bangkai sama sekali tidak dapat keluar dari tubuhnya. Ini menimbulkan bau anyir, penampilan kurang menarik, serta cepat busuk. Yang lebih membahayakan, dalam darah terbawa berbagai macam senyawa hasil buangan tubuh, obat-obat, dan racun yang termakan ayam. Tidak ketinggalan tentu saja berbagai bibit penyakit, antara lain brucellosis, listerosis,tuberkulosis, infeksi usus, dan sebagainya.

 

Sayangnya, tidak semua orang mudah mengenali ayam bangkai, karena para pedagang telah pandai memolesnya menggunakan kunyit, sehingga pembeli mengira ayam potong. Beberapa ciri ayam bangkai di antaranya:

 

  • Adanya lendir kental di bagian dalam rongga badannya.
  • Terdapat gumpalan darah, adanya pembengkakan, warna kebiruan pada daging dan kulitnya, warna pucat dan daging kurus abnormal.
  • Kurang enak baunya. Pada ayam potong segar terdapat aroma khas.

 

Apabila Anda sulit membedakannya, lebih baik membeli ayam potong di tempat-tempat penjualan yang telah terpercaya, daripada harus menanggung risiko mengonsumsi ayam bangkai. (Intisari)

sumber: Intisari Online

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi & herbal 7in1….. luar biasa…

 

Iklan

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: