Makanan Pengganti Pil Tidur

author : K. Tatik Wardayati

telur - Heny OriflameIntisari-Online.com – Tidur nyenyak bagi sebagian orang adalah suatu kemewahan. Tidur adalah waktunya untuk sel-sel tubuh termasuk sel-sel otak mendapatkan pemulihan. Itu sebabnya jika kurang tidur atau kualitas tidurnya kurang, bisa bikin Anda lemah, pusing, dan tidak fokus pada pagi berikutnya.

Seperti dikutip oleh healthmeup, agar tidur Anda lebih nyenyak, daripada minum pil tidur, lebih baik makan makanan berikut ini sebelum tidur.

  • Kacang almond
    Kacang segar, terutama almond, dianggap sebagai “power food” yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. Kandungan magnesium dalam kacang dapat mencegah Anda mengalami kesulitan tidur dan memicu relaksasi otot.
    Kandungan protein di dalamnya juga membantu menstabilkan gula darah selama tidur. Dianjurkan makan kacang almond paling tidak 2 – 3 jam sebelum tidur.
  • Sereal
    Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sereal rendah gula dapat membantu tidur lebih nyenyak. Salah satunya adalah sereal dengan toping yoghurt. Kombinasi dari keduanya dapat membantu mengaktifkan serotonin di otak yang bertanggung jawab menstabilkan mood dan membuat kualitas tidur lebih baik. Ketika kadar serotonin dalam tubuh sangat tinggi, maka Anda akan merasa mengantuk.
  • Telur rebus
    Ketika terbangun dan merasa lapar, makanlah telur rebus. Kandungan protein yang tinggi pada telur membantu memperbaiki tidur dan menjaga kebugaran tubuh, sehingga memberi Anda perlindungan yang lengkap. Namun, jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, dianjurkan untuk mengonsumsi putih telurnya saja.
  • Madu
    Tambahkan madu pada teh atau roti favorit Anda. Madu akan membuat perbedaan besar dalam peningkatan kualitas tidur Anda. Sifat “merangsang tidur” pada madu bisa menjadi solusi bagi penderita insomnia.
  • Popcorn tanpa mentega atau gula
    Popcorn mengandung karbohidrat yang cukup untuk membantu memastikan asupan triptopan (asam amino) untuk otak. Asam amino ini digunakan untuk memproduksi serotonin, yang merangsang untuk tidur. Jadi, tidak masalah bila makan popcorn sebelum tidur, selama tanpa tambahan mentega atau gula.

sumber: Intisari Online

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi & herbal 7in1….. luar biasa…

Iklan

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: