Gula Bisa Bikin Kecanduan Seperti Kokain

Merry Wahyuningsih – detikHealth

gula

foto: thinkstock

Jakarta, Tak hanya narkoba, rokok dan garam yang bikin orang kecanduan, makanan yang mengandung banyak gula juga membuat orang kecanduan. Bahkan kecanduan gula memiliki efek yang sama dengan kokain pada bagian otak.

Ilmuwan di Amerika Serikat baru-baru ini melakukan penelitian dan menemukan bahwa produk makanan yang dimaniskan dengan gula atau makanan tinggi fruktosa sirup jagung dapat menyebabkan adiktif seperti kokain atau nikotin.

Peneliti menemukan bahwa ketika orang obesitas (kegemukan) dan pemakan kompulsif ditunjukkan gambar-gambar favorit mereka, maka area otak yang berkaitan dengan pengambilan keputusan (orbital frontal cortex) akan mengalami gelombang dopamin.

Area otak ini juga akan aktif ketika seorang pecandu kokain ditunjukkan sekantong bubuk putih (kokain). Artinya, efek yang terjadi pada otak pecandu gula sama dengan pecandu kokain.

Pada studi yang dilakukan pada tikus juga ditunjukkan bahwa tikus yang diberi makanan tinggi fruktosa sirup jagung akan mengembangkan perubahan otak dan perilaku yang sama dengan tikus yang kecanduan morfin.

“Data ini begitu besar, orang di lapangan harus menerimanya. Kami menemukan efek yang luar biasa antara narkoba dan makanan di otak,” jelas Nora Volkow, direktur National Institute on Drug Abuse, seperti dilansir Dailymail, Kamis (3/11/2011).

Menurut Volkow, temuan ini sangat signifikan dan hasilnya dapat membantu mengubah preferensi orang yang doyan makan.

“Kami berusaha mengembangkan pengobatan yang mengganggu dengan preferensi patologis makanan. Katakanlah Anda kecanduan es krim, Anda mungkin dengan mendapatkan pengobatan yang memblokir minat Anda terhadap es krim, tetapi tidak mempengaruhi minat pada daging,” jelas Mark Gold dari University of Florida di Gainesville.

(mer/ir)

sumber: detikHealth

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: