Empat Manfaat Cokelat

author : K. Tatik Wardayati

Campuran cokelat bubuk, madu, havermut dan yoghurt dapat dipakai untuk mempercantik kulit.

muffintinmania
Campuran cokelat bubuk, madu, havermut dan yoghurt dapat dipakai untuk mempercantik kulit.

Intisari-Online.com – Kita bisa memperbaiki suasana hati, membuat jantung sehat serta sekaligus mempercantik kulit. Caranya sederhana, dengan mengonsumsi cokelat bubuk atau bubuk kakao.

Rasanya memang agak pahit, tetapi kita bisa membuatnya sebagai topping berbagai makanan, misalnya menaburkannya di atas potongan buah segar. Seperti dimuat oleh Health, mengonsumsi bubuk cokelat bisa mendapatkan empat keuntungan.

  1. Meningkatkan suasana hati — Tidak hanya enak di lidah, bubuk cokelat juga dapat membangkitkan perasaan. “Itu karena kakao mengandung lebih dari 300 senyawa yang memiliki dampak positif pada zat kimia di otak,” kata Elizabeth Somer, RD, penulis buku Eat Your Way to Happiness. Senyawa dalam cokelat memang bisa meningkatkan kadar endorfin dan serotonin, sehingga membuat kita merasa lebih baik. Ketika perasaan kita sedang tidak stabil, cobalah mengonsumsi bubuk cokelat.
  2. Mengurangi keinginan ngemil — Ketika kita merasa ingin ngemil permen atau keripik kentang, cobalah segera ambil bubuk cokelat. Tidak perlu dimakan, menghirup dan mencium aromanya saja sudah cukup. Aroma juga mengaktifkan neurotransmitter di otak, sama seperti ketika kita makan cokelat. “Cokelat bubuk memiliki aroma yang sangat kuat yang dapat memuaskan keinginan kita untuk ngemil,” kata Alan Hirsch, MD, pendiri Smell and Taste Treatment and Research Foundation.
  3. Membuat jantung sehat — Kandungan flavanoid dalam cokelat bubuk sangan tinggi. Flavanoid merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Termasuk menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Cukup taburkan satu sendok makan bubuk cokelat pada sereal atau havermut saat sarapan.
  4. Mempercantik kulit — “Kandungan antioksidan untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit dan menetralkan radikal bebas yang memicu kulit kusam,” kata Ava Shamban,MD, seorang dokter kulit. Kita bisa membuat scrub wajah bubuk cokelat. Campurkan satu sendok makan bubuk cokelat, satu sendok makan madu, satu sendok teh havermut dan dua sendok makan yoghurt tanpa rasa. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sambil memijat. Biarkan selama 10 – 15 menitn, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali untuk hasil maksimal.

sumber: Intisari Online

Didukung oleh: Kedai Mas ‘nDut – Mie Ayam Ceker

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…

Iklan

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: