Singkong, Makanan Kaya Manfaat

author : K. Tatik Wardayati

singkong

fotopedia.com – Batang, daun, dan umbinya, juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

Intisari-Online.com – Singkong memiliki nama Latin Manihot utilissima. Dikenal juga sebagai ketela pohon atau ubi kayu atau cassava dalam bahasa Inggris, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.

Banyak orang menyukai makan singkong. Dari yang hanya direbus, digoreng, atau digoreng dengan tambahan berbagai rasa, hingga keripik singkong. Di beberapa daerah di Asia, umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Dalam 100 gram singkong mengandung kalori 154 gram, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 36,8 gram, sementara seratnya sebesar 0,9 gram, dan kandungan airnya mencapai 61,4 gram. Singkong termasuk dalam karbohidrat kompleks, yang dicernanya lebih lambat sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Daun singkong mengandung vitamin A, B1, dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Singkong sebenarnya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa efek dari singkong juga bisa menyembuhkan penyakit.

  • Reumatik. Untuk menyembuhkan penyakit ini, singkong digunakan sebagai pengobatan dari dalam dan luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong 5 lembar ditambah 15 gram jahe. Tumbuk dan oleskan pada tubuh. Untuk pengobatan dari dalam, gunakan 100 gram batang singkong, satu batang serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga menjadi 400 ml. Kemudian saring dan minum sebanyak 200 ml. Lakukan ini setiap dua hari sekali.
  • Demam. Untuk mengurangi suhu tubuh, gunakan batang singkong. Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 ml air. Biarkan air rebusan menyusut hingga 400 ml, saring, dan minumlah. Untuk hasil maksimal, minum dua kali sehari.
  • Luka. Singkong juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang telah memasuki tahap infeksi. Tumbuk batang singkong yang masih segar, kemudian letakkan pada daerah luka tubuh atau parut singkong dan borehkan pada luka, lalu tutup dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong diparut dan diperas. Pati yang mengendap diborehkan beberapa saat pada luka.
  • Diare. Untuk mengobati diare atau sakit perut, gunakan daun singkong. Caranya, rebus tujuh lembar daun singkong  dengan 800 ml air, biarkan sampai hanya 400 ml, saring, dan minum.
  • Sakit kepala. Sakit kepala selalu mengganggu aktivitas. Minum obat sakit kepala terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya cobalah cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu taruh di kepala sebagai kompres.
  • Beri-beri.  Bagi pecinta sayur daun singkong, mereka akan bebas dari penyakit ini. Namun, penderita beri-beri, harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus, yang bisa dimakan sebagai lalapan.
  • Meningkatkan stamina. Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco, dan air. Untuk menghindari rasa pahit, tambahkan madu. (*)

 

sumber: Intisari Online

Didukung oleh: Kedai Mas ‘nDut – Mie Ayam Ceker

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: