Kiat Mudik Tetap Bugar

uthor : Bimo Wijoseno

morguefile

Untuk Anda yang menyetir, lakukan peregangan setiap 1 jam sekali. Hanya perhatikan laju kendaraan agat tak menimbulkan kecelakaan.

INTISARI ONLINE * Mudik di hari raya tentu berbeda dengan hari biasanya. Karena berbarengan dengan banyak orang, berdesakan, kemacetan, apalagi antrian panjang menjadi tantangan. Berikut ini kiatnya.

Mudik dengan kendaraan umum

  • Makanlah di rumah makan yang benar-benar bersih. Makan sangat perlu dan jangan melakukan perjalanan lebih dari lima jam tanpa makan. Pilihlah makanan yang rendah lemak dan minum banyak air putih. Akan lebih baik jika membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Cucilah tangan sebelum makan.
  • Bawalah barang bawaan secukupnya saja
  • Hindari mengonsumsi terlalu banyak es dan gorengan karena bisa mengganggu tenggorokan
  • Minum vitamin jika perlu
  • Pilihlah waktu yang bertepatan dengan waktu tidur atau istirahat Anda
  • Jika mungkin, mudik jauh-jauh hari sebelumnya dan pulang sebelum atau sesudah arus balik untuk mengurangi kelelahan saat perjalanan.

Mudik dengan kendaraan pribadi

  • Pastikan kendaraan layak jalan
  • Kendaraan jangan diisi penuh, agar ada ruang yang cukup buat penumpang. Bawalah barang secukupnya.
  • Jika membawa balita, usahakan tidurnya cukup dalam perjalanan. Bawa serta mainan kesayangannya. Buat permainan kecil agar si buyung atau si upik tidak merasa bosan.
  • Perlengkapan si kecil, mulai dari baju, selimut, obat sampai makanan sebaiknya ditaruh di tempat yang mudah dijangkau.
  • Pakai busana yang praktis. Jangan terlalu terbuka karena hawa dingin AC bisa berpengaruh buruk pada Anda. Tetapi jangan juga memakai pakaian yang terlalu tertutup atau warnanya menyerap sinar matahari.
  • Jika mengalami motion sickness, seperti sakit kepala, pusing dan keluar keringat dingin, juga kurang nyaman dan mual, pindah ke tempat duduk yang guncangannya kecil (biasanya di jok depan). Cari udara segar secepatnya. Makan jangan berlebihan. Usahakan kepala dalam keadaan diam dan tarik napas dalam-dalam.

Bagi pengemudi

Lakukanlah peregangan satu jam sekali:

  • Kencangkan otot paha, tahan 2 – 3 detik kendurkan lagi. Ulangi lima kali.
  • Pegang setir dengan kedua tangan. Tekan yang keras ke arah dalam. Tahan 2 – 3 detik. Kembali kendurkan. Ulangi lima kali.
  • Gerakkan kepala ke arah bahu kanan, ke tengah, ke bahu kiri, ke tengah lagi. Ulangi lima kali.

Tentu saja gerak badan ini dilakukan ketika laju kendaraan tidak terlalu kencang dan kedua tangan tetap memegang kemudi.

  • Agar perjalanan bertambah nyaman, putar lagu kesukaan dan sediakan makanan kecil.
  • Beristirahatlah setelah menempuh 2 – 3 jam perjalanan.
  • Kalau mengantuk, usahakan tidur barang sejenak. Jangan lawan kantuk dengan minuman suplemen. Lebih baik istirahat.
sumber: Intisari Online
Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi & herbal 7in1….. luar biasa…

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: