Mau Ngemil? Pilihlah Kacang

author : K. Tatik Wardayati

Aneka Kacang

Keinginan ngemil bisa datang kapan saja. Namun, Anda harus pintar-pintar memilih camilan, karena bila tidak, tubuh akan menjadi melar karena kebiasaan ngemil ini.

Sebenarnya, ada camilan yang sehat, lezat dan memberi rasa kenyang lebih lama, yaitu kacang-kacangan. Dengan bentuknya yang kecil, mudah digenggam, beraneka rasa termasuk yang manis, sangatlah ideal menjadikan kacang-kacangan sebagai snack saat lapar di antara makan besar. Apapun jenis kacangnya, entah itu kacang kenari, kacang almond, kacang hijau, kacang kulit, atau kacang kedelai, meski berbeda kandungan nutrisi dan lemaknya tetaplah memberi manfaat yang sama.

Lima alasan mengapa kacang-kacangan bagus untuk ngemil setiap hari.

  1. Lemak sehat. Demi tubuh langsing, kadang kita menghindari makanan yang tinggi lemak. Jika ingin tetap ngemil enak, rasa kenyang lebih lama dengan gizi sehat, cobalah makan kacang-kacangan.  Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak asam tak jenuh, lemak yang baik bagi kesehatan. Tentu saja lebih baik bila kacang direbus atau dipanggang daripada digoreng, untuk menghindari tingginya kadar lemak.
  2. Protein. Kandungan protein pada kacang-kacangan sangat tinggi, makanya bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Sementara camilan lain hanya terdiri atas karbohidrat, gula yang kalorinya tinggi. Kacang merupakan pilihan terbaik karena tubuh pun memerlukan protein.
  3. Baik untuk kesehatan jantung. Peneliti di Mayo Clinic menyebutkan bahwa pemakan kacang secara rutin, paling tidak segenggam kacang setiap hari selama setahun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). LDL merupakan salah satu penyebab serangan jantung koroner. Makan kacang dapat menurunkan risiko pembekuan darah yang juga pencetus serangan jantung.
  4. Dapat dibuat berbagai macam makanan. Kacang-kacangan sangat mudah dibuat menjadi beragam makanan. Jangan ragu untuk memasukkan berbagai jenis kacang dalam masakan Anda. Misalnya, sup kacang hijau, sup kacang merah, nut cookies, dan lain-lain.
  5. Selenium. Kandungan selenium dalam kacang-kacangan termasuk tinggi. Mineral dalam kacang yang disebut glutathione peroxidase merupakan salah satu antioksidan, yang melawan radikal bebas penyebab kanker.

Jadi, siapkanlah segenggam kacang setiap hari di meja Anda untuk ngemil sehat. (Sumber: Intisari Online / MedicMagic.net)

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi 7in1…

One Response to Mau Ngemil? Pilihlah Kacang

  1. Ping-balik: Resep Sehat: Puding Almond Susu Kedelai « Indahnya Berbagi Tips & Ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: