Makanan yang Harus Dicoba Tahun 2012

author : K. Tatik Wardayati

makanan yang harus dicoba tahun 2012

bostonfoodandwhine.com - Jamur enoki memiliki sifat anti-kanker dan meningkatkan imunitas tubuh.

Intisari-Online.com – Sebagian dari kita ingin memulai tahun baru dengan resolusi baru. Jika makan yang lebih baik adalah salah satu tujuan kita untuk tahun 2012, berikut adalah makanan yang layak kita coba. Beberapa mungkin masih baru, sementara yang lain bahkan telah diabaikan.

Kale

Mengapa? Kale adalah sayuran berdaun hijau gelap yang memiliki banyak nutrisi. Secara khusus, ia memiliki lutein yang tinggi, nutrisi penting untuk kesehatan mata (tujuh kali lebih banyak daripada bayam), serta mengandung vitamin A dan K yang tinggi. Juga mengandung vitamin C dan serat.

Bagaimana mengolahnya? Kale chip ternyata lebih populer. Kale bisa dicincang halus lalu ditambahkan pada salad, ditumis, tambahkan pada omelet, frittatascasserole, atau hidangan pasta.

Sarden

Mengapa? Sarden merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 EPA dan DHA, vitamin D, dan vitamin B12. Kedua asam lemak omega-3 dan vitamin B12 memainkan peran penting bagi kesehatan jantung, dan vitamin D merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Seporsi sarden setidaknya mengandung 250 mg EPA dan DHA.

Bagaimana mengolahnya? Sarden segar memang jarang tersedia. Sarden segar bisa dipanggang utuh dan ditambahkan dengan perasan air jeruk lemon.  Untuk mengonsumsi sarden kalengan, tambahkan bakso, untuk isi roti, atau hidangan pasta, atau cukup gunakan sarden cincang sebagai topping pizza.

Gandum berries

Mengapa? Di Amerika Utara mengonsumsi sejumlah besar tepung terigu, yang terbuat dari gandum. Seperti halnya biji-bijian, gandum berries juga tinggi serat, mengandung mangan, selenium (penting dalam reaksi antioksidan), magnesium (penting dalam regulasi tekanan darah dan pencegahan diabetes), dan fosfor. Juga mengandung lignan, yang menjadi pelindung terhadap kanker payudara dan kanker prostat.

Bagaimana mengolahnya? Gandum berry dimasak dalam salad, sup, atau sebagai pilihan sarapan. Tambahkan ke adonan roti, adonan muffin, atau untuk roti.

Mentega biji bunga matahari

Mengapa? Mentega biji bunga matahari, adalah alternatif selai yang bebas kacang. Biji bunga matahari kaya akan asam lemak tak jenuh ganda serta sumber yang sangat baik dari vitamin E, antioksidan larut lemak, yang berperan penting bagi kesehatan jantung dan mitigasi peradangan pada arthritis. Fitosterolnya dapat menurunkan kolesterol.  Biji bunga matahari juga tinggi magnesium, mangan, dan selenium.

Bagaimana mengolahnya? Gunakan sebagai pengganti selai kacang dalam resep, baik untuk memanggang atau memasak.

Rumput laut

Mengapa? Rumput laut kalorinya sangat rendah, namun tinggi serat, dan bebas lemak. Mengandung mineral yodium dengan kadar yang tinggi serta zat yang disebut polisakarida sulfat, yang memiliki antioksidan kuat dan bersifat antibakteri. Beberapa spesies bahkan telah terbukti baik bagi kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 EPA, yang sebagian besar ditemukan pada ikan. Beberapa spesies dari nabati laut merupakan sumber yang baik dari kalsium, zat besi, dan magnesium.

Bagaimana mengolahnya? Umumnya rumput laut tidak perlu pemasakan dan dapat dikonsumsi setelah perendaman. Tambahkan dalam tumisan, salad, sup, atau campurkan dalam masakan mi.

Produk kedelai

Mengapa? Kedelai baik untuk kita karena kadar yang tinggi dari asam lemak  tak jenuh ganda, serat, dan isoflavon. Produk kedelai termasuk tahu, tempe, kacang kedelai, edamame, dan bebepa merek susu kedelai. Juga setiap produk yang mengandung isolat protein kedelai, konsentrat protein kedelai  atau protein kedelai bertekstur.

Bagaimana mengolahnya? Gunakan kedelai sutra dalam smoothie. Jika bosan dengan masakan tahu biasa, cobalah membuat makanan penutup dengan bahan tahu.

Lentil

Mengapa? Lentil kecil namun kuat. Ukuran mereka lebih kecil membuatnya lebih cepat masak dibandingkan jenis kacang kering lain, dan kaya serat (baik larut dan tidak larut). Serat dalam kacang bermanfaat menurunkan efek kolesterol, juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Kacang merupakan sumber folat, mangan, dan besi. Kaya akan protein namun sangat rendah lemak.

Bagaimana pengolahannya? Kacang merah lebih ringan dan memakan waktu sedikit untuk dimasak (20 menit) dibandingkan kacang hijau (30 menit). Gunakan kacang dalam sup, salad, casserole, atau roti.

Yoghurt murni

Mengapa? Yogurt adalah susu yang telah difermentasi melalui penambahan kultur bakteri. Pilih yogurt yang mengandung kultur bakteri benar-benar aktif. Yang paling umum adalah L. bulgaricusdan S.thermophilus, yang telah terbukti mengurangi intoleransi laktosa dan membantu mengobati diare. Lainnya, L.casei, membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Yogurt juga sumber protein dan kalsium.

Bagaimana mengolahnya? Belilah yogurt tawar untuk membuat smoothie, kue, atau membuat saus sendiri. Untuk rasa manis, taburi buah kering atau gula merah, atau gunakan madu. Periksalah label, hindari produk dengan banyak gula atau zat aditif seperti pemanis dan pewarna buatan.

Jamur enoki

Mengapa? Jamur enoki telah terbukti memiliki sifat anti-kanker dan meningkatkan imunitas tubuh. Bentuknya tipis, batang ramping dan topi kecil serta tumbuh “berkumpul” bersama-sama di pangkalan.

Bagaimana mengolahnya? Potong dasar bawah dan gunakan dalam salad, atau tambahkan dalam sup atau hidangan mi (masukkan terakhir dan harus dimasak dengan sangat cepat).

Beras hitam

Mengapa? Beras hitam kaya antosianin, antioksidan yang sama yang ditemukan dalam buah-buahan seperti blueberry, serta vitamin E. Seperti halnya gandum, juga tinggi serat.

Bagaimana mengolahnya? Gunakan seperti halnya nasi putih, seperti salad, atau sebagai dessert. Beras hitam memakan waktu lama dalam pemasakan dan berubah warna ungu tua setelah masak.

sumber: Intisari Online

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…

Iklan

Perihal Wiku-HPA
Mari saling berbagi ilmu, pengalaman, tips, dan trik yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: